PEMERINTAHANPeristiwa

Kunker ke Ponorogo, Mensos Risma Minta TKSK Lebih Intens Tangani Masalah Sosial Kemanusiaan

Ponorogo, Pewarta – Menteri Sosial Tri Rismaharini melakukan kunjungan kerja ke Ponorogo sekaligus memberikan bimbingan teknis kepada puluhan Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK) di Rumah Dinas Pringgitan Ponorogo, Senin (14/06/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Mensos Risma meminta agar TKSK selalu aktif dalam menangani warga penyandang disabilitas. Selain itu, Risma juga memberikan arahan kepada petugas TSKS yang ada di Ponorogo, untuk lebih intens menangani masalah-masalah sosial kemanusiaan.

“Masih banyak masalah sosial yang harus kita selesaikan bersama. Seperti para tunagrahita, disabilitas maupun Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Untuk itu, kami akan berusaha mengentaskan masalah ini secara maksimal,” ujar Tri Rismaharini kepada awak media.

Menurutnya, bimtek ini sekaligus memperkuat peran dan tugas koordinator TKSK di Kabupaten Ponorogo dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial serta dapat mengakomodasi program yang ada.

“Bimtek ini penting, terutama untuk evaluasi program pemberdayaan sosial. Sekaligus mempercepat koordinasi ketika ada kendala dalam pelaksanaan tugas di lapangan,” paparnya.

Sementara itu, Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko menjelaskan, peran TKSK ini nantinya sangat penting terutama dalam mempercepat pembangunan manusia di kawasan yang penduduknya menyandang tunagrahita. 

“Kami akan memberikan konsep bagaimana agar dapat memutus mata rantai difabel intelektual ini dalam satu generasi,” jelas Bupati Sugiri Sancoko.

Kedepan, Pemkab Ponorogo berharap dapat berkolaborasi dengan Mensos dalam menangani masalah-masalah tunagrahita maupun disabilitas di Kabupaten Ponorogo.

“Semoga keinginan kami ini segera terwujud. Tentunya dengan dukungan semua pihak, termasuk kolaborasi dengan Menteri Sosial, agar permasalahan tunagrahita di Ponorogo ini segera teratasi,” tukas Bupati Sugiri. (ns)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button