Serba - serbiSERBA-SERBI

Kunjungi Kota Madiun, Gubernur Jawa Timur Tinjau Penanganan PMI

Kota Madiun, Pewarta  – Setelah sebelumnya mengunjungi Kabupaten Ngawi dan Madiun Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa beserta Pangdam V Brawijaya dan Kapolda Jawa Timur kembali berkunjung ke Kota Madiun, Sabtu (8/52021).

Rombongan sampai di Bakorwil I Madiun sekitar pukul 14.00 setelah sebelumnya mengunjungi Kabupaten Ngawi. Wali Kota Madiun Maidi turut menyambut kedatangan gubernur dan rombongan tersebut di Bakorwil I Madiun.

Gubernur Khofifah Indar Parawansa dan rombongan juga memberikan santunan kepada tukang becak yang sudah menunggu di halaman Bakorwil. Mulai berupa sembako hingga uang santunan. Sembako dan santunan diharap sedikit memberi bantuan kepada masyarakat kurang mampu itu khususnya dalam menyambut lebaran nanti.

Gubernur menyebut kunjungan kali ini lebih untuk meninjau pos penyekatan di sejumlah tempat hingga tempat-tempat isolasi di berbagai daerah. Bukan hanya tempat isolasi bagi pemudik. Namun, juga isolasi bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang harus pulang dan habis kontrak. Pun, penanganan PMI cukup ketat.

‘’Setiba di Bandara Juanda langsung kita jemput untuk dilakukan isolasi sekitar tiga hari dan kita lakukan swab. Swab PCR ya, bukan swab antigen,’’ kata Gubernur Khofifah.

Setelah hasilnya negatif, lanjut gubernur, akan dilakukan penjemputan petugas dari daerah asal. Tetapi memang tidak langsung diantarkan ke rumah. Tetapi dilakukan isolasi dulu di daerah asal selama beberapa hari dan dilakukan pemeriksaan lagi.

‘’Setelah hasilnya negatif Covid-19 dan memang dalam kondisi sehat, baru kita kembalikan kepada pihak keluarga,’’ ungkapnya.

Penanganan PMI memang sedikit berbeda. Hal itu untuk meminimalkan penyebaran Covid-19 varian baru. Seperti diketahui muncul berbagai varian baru Covid-19 di berbagai negara. Sedang, PMI tersebut merupakan WNI yang bekerja di luar negeri. Karenanya, setiap kedatangan PMI wajib dipastikan kesehatannya. (ik)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button