PERISTIWAPeristiwa

Kendalikan PMK di Magetan, Disnakan Alokasikan 8.100 Dosis Vaksin

drh. Nur Haryani Kepala Disnakan saat memberi sambutan pada Sosialisasi dan Edukasi Percepatan Penanganan PMK, di Balai Desa Jabung, Kamis (28/7/2022)

MAGETAN, Pewartatv – Sebagai salah satu upaya pengendalian serta mengantisipasi meluasnya wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak, Pemerintah Kabupaten Magetan melalui Dinas Peternakan dan Perikanan melakukan sosialisasi dan edukasi percepatan penanganan PMK  di Balai Desa Jabung, Kecamatan Panekan, Kamis (28/07/2022)

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan, drh. Nur Haryani, upaya ini untuk mendukung pengendalian kasus PMK, khususnya percepatan vaksinasi pada hewan ternak

 ” Pelaksanaan vaksinasi ini merupakan revaksinasi setelah vaksinasi tahap pertama. Alokasi vaksin sebanyak 8.100 dosis, dimana vaksinasi tahap pertama sebanyak 3.100 dosis, alokasi vaksin tahap kedua 5.000 dosis, revaksinasi (vaksinasi kedua) tetap sama yakni 3.100,” ungkap Nur Haryani.

Bupati Suprawoto menyampaikan, salah satu kendala penanganan PMK di Magetan karena terbatasnya petugas vaksinasi, sementara banyak ternak yang harus segera ditangani dan perlunya sosialisasi pada peternak.

” Hari ini sosialisasi dan vaksin di Desa Jabung, karena disini ada peternak sapi perah, sesuai anjuran menjadi prioritas utama untuk divaksin, utamanya untuk sapi perah. Ini upaya untuk mempercepat menjadikan kasus PMK semakin turun,” terang Bupati Suprawoto.

Perlu diketahui, hewan ternak sapi di Kabupaten Magetan seluruhnya akan mendapatkan vaksin dan wajib melakukan vaksinasi. Peternak juga bersedia untuk divaksin ternak nya dan ditandai dengan eartag.

Sementara total ternak yang sudah divaksin sebanyak 4.831, untuk di Desa Jabung sendiri ada 124 dosis vaksin. Usai menggelar sosialisasi, Bupati Suprawoto bersama Forkopimda meninjau lokasi vaksinasi ternak milik Sunaryo, dimana terdapat 40 ekor sapi perah yang akan divaksin.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button