PERISTIWAPeristiwa

Inotek Award Balitbang Jatim, Lamaran Si Daman Masuk Nominator 6 Besar

Kunjungan lapangan Tim Inotek Balitbang Jatim di kabupaten Magetan, Selasa (12/7/2022)

MAGETAN, Pewartatv – Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Provinsi Jawa Timur , melakukan kunjungan lapangan Inotek Award Balitbang Jawa Timur. Inovasi Lamaran si Daman atau alarm kebakaran terkoneksi pemadam kebakaran buatan siswa MAN 2 Magetan berhasil masuk ke dalam nominasi 6 besar.

Bertempatan di Mall Pelayanan Publik (MPP) Magetan, Senin (12/07) perwakilan Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Provinsi Jawa Timur dengan membawa   tim Juri dari Universitas Trunojoyo dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat.

“Adapun hasil pemenang inovator dari Kabupaten Magetan ada dua, yang pertama itu Lamaran si Daman yang inovatornya adalah MAN 2 Magetan. Yang kedua itu remot control yang berasal dari masyarakat,” ujar Pesta Asni, Perwakilan Balitbang Jawa Timur, yang ikut hadir dalam acara penilaian lapangan di MPP Magetan.

Alarm pendeteksi kebakaran tersebut telah diujicobakan di 3 lokasi dan langsung terkoneksi dengan nomor darurat pemadam kebakaran Magetan.

Reza, salah satu inovator dari alat tersebut mengatakan alarm kebakaran yang diciptakan dengan temannya terkoneksi dengan GSM. “nanti kalau terdeteksi ada kebakaran alat akan secara otomatis mengirimkan panggilan kepada nomor emergency yang tersimpan,” terangnya.

Dalam menciptakan alat ini Reza bersama temannya Giza dan berada di bawah bimbingan Bapak Yusuf Abidin. Selain dapat mendeteksi kebakaran, alarm ini juga ada yang khusus disetel untuk mendeteksi asap rokok.

“Ada dua jenis alat, yang satu untuk mendeteksi sensor panas yang satu untuk sensor  asap. Untuk sensor asap nanti penempatanya disesuaikan di area bebas asap rokok,” tambah Reza.

Sumber : Kominfo

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!