Serba - serbi

Hewan Kurban di Ponorogo Dalam Kondisi Baik

Ponorogo, Pewarta – Kondisi hewan kurban di sejumlah pasar hewan dan peternakan di Ponorogo dinilai cukup baik menjelang Hari Raya Iduk Adha 2021 atau 1442 Hijriah kali ini. Penyakit yang tahun lalu ditemukan, kali ini sudah tidak ada lagi. Hal tersebut disampaikan Wikan Dedi Astuti, Kasi Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner Dinas Pertanian Ketahanan Pangan, dan Perikanan (Dipertahankan) Kabupaten Ponorogo, Senin (12/7/2021)

Menurutnya,  pihaknya telah berkeliling ke pasar hewan dan peternakan hewan kurban di seluruh Ponorogo selama satu bulan terakhir. Ia dan timnya melakukan pemeriksaan kondisi kesehatan hewan-hewan tersebut untuk memastikan hewan kurban di Ponorogo dalam keadaan baik.

“Secara umum kondisi hewan kurban yang diperjualbelikan atau dipelihara untuk Hari Raya Kurban nanti baik. Kalau tahun lalu sempat ada kaskado (penyakit akibat cacing filaria), tahun ini kita tidak menemukan lagi,” jelasnya.

Dikatakannya, ia dan tim melihat ternak yang ada tidak memiliki penyakit. Pada ternak yang disembelih tampak dagingnya juga bagus.

Soal ketersediaan, Wikan mengatakan meski belum melakukan rekapitulasi jumlah ternak yang akan dijadikan hewan kurban, ia memastikan jumlah hewan ternak yang ada di Ponorogo cukup untuk memenuhi permintaan masyarakat dalam berkurban. Baik berupa sapi maupun kambing.

“Sepertinya masih akan seperti tahun lalu. Masyarakat kita ini masih cukup antusiasi untuk berkurban walaupun sedang berada di masa pandemi,” pungkasnya. (ns/kominfo)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button