Peristiwa

Hantaru 2021, BPN Ponorogo Launching Aplikasi Gestaru

Ponorogo, Pewarta – Guna memberikan pelayanan kepada masyarakat secara maksimal, Kantor BPN Ponorogo membuat terobosan inovatif dengan meluncurkan Geografic Infomation Sistem Baru (Gestaru).

Hal ini bersamaan dengan peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional (Hantaru) tahun 2021 yang diperingati dengan menyelenggarakan upacara secara sederhana di halaman Kantor BPN Ponorogo yang berada di kawasan Jalan Pramuka, Jum’at (23/09/2021).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko,Kepala BPN Ponorogo Tutik Agustiningsih, Kepala Dinas PUPKP Jamus Kunto, serta Plt Kepala Dinas BPPKAD Agus Sugiarto.

Dalam sambutannya, sesuai amanat Menteri ATR, Tutik Agustiningsih memaparkan bahwa melalui Undang Undang Cipta Kerja, pemerintah memberikan kemudahan bagi pengusaha mikro kecil dan menengah untuk berusaha serta mendorong untuk berinvestasi.

Tutik Agustiningsih, Kepala BPN Ponorogo

“Kerjasama yang bagus antara BPN dengan pemerintah daerah sangat diperlukan, karena salah satu tujuan UU Cipta Kerja adalah memperbaiki persoalan perijinan kegiatan berusaha dan Tata Ruang,” papar Tutik.

Pihaknya mengatakan, tiga hal dasar terkait penyederhanaan persyaratan kemudahan dalam perijinan berusaha adalah kesesuaian kegiatan pemanfaatan ulang, persetujuan lingkungan dan tempat tata ruang.

Terkait peluncuran aplikasi Gestaru, Tutik berharap nantinya bisa memberikan kemudahan bagi masyarakat sebelum datang ke kantor pertanahan.

“Kami luncurkan aplikasi Gestaru secara online ini dengan maksud agar nantinya masyarakat yang hendak mengurus sertifikat atau apapun itu bisa terlayani dengan maksimal,” harapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko mengapresiasi adanya peluncuran aplikasi Gestaru tersebut. Menurutnya, Gestaru dinilai akan mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Ponorogo, serta memberikan kemudahan informasi terkait perijinan dan pengurusan surat pertanahan.

“Akan kami pertahankan kerjasama yang baik ini. Nantinya, Pemkab Ponorogo bersama BPN akan memberi kemudahan bagi masyarakat dalammengakses dan mengurus surat surat tanah, Selamat Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional tahun 2021,” tandas Bupati Sugiri. (ns)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button