Peristiwa

Hadirkan Nuansa Lebaran bagi WBP, Rutan Magetan Tetap Buka Layanan di Hari Raya

WBP saat video call Keluarga di hari Idul fitri 1443 Hijriyah. Foto : Humas Rutan

MAGETAN, Pewarta – Sama seperti 2 tahun sebelumnya, suasana hari raya Idul Fitri di Tahun 2022 ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19. Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) masih harus bersabar dan menahan diri untuk tidak bertatap muka dengan keluarga demi menekan penyebaran Covid-19.

Memperhatikan situasi tersebut, pada periode lebaran dan cuti bersama yang berlangsung tanggal 2 hingga 6 Mei 2022, segala layanan bagi WBP tetap dibuka sesuai instruksi Kepala Rutan Magetan Eries Sugianto.

Dimulai pada hari ini (02/05/2022), Rutan Magetan Kanwil Kemenkumham Jatim memberikan kesempatan kepada WBP untuk tetap dapat menikmati masakan rumah saat hari raya dengan mengadakan layanan penitipan makanan dan barang bagi WBP yang terbagi dalam 2 sesi. Sesi pertama dilaksanakan pukul 08.00 s/d 11.30 WIB, selanjutnya sesi kedua dilaksanakan pukul 13.30 s/d 15.30 WIB.

Selain itu, layanan kunjungan video call, wartelsuspas, dan self service juga tetap buka. WBP pun lebih mudah dalam melaksanakan tradisi halal bihalal di hari raya dengan sanak keluarganya secara virtual. Rutan Magetan sendiri menyediakan 8 perangkat komputer yang masing-masing dilengkapi dengan headset dan kamera untuk mendukung pelaksanaan panggilan video. Setiap Warga Binaan diberikan kesempatan selama 15 menit untuk melakukan video call dengan keluarganya dengan tetap dalam pengawasan Petugas.

“Seluruh layanan ini merupakan upaya Rutan Magetan dalam usaha menghadirkan nuansa lebaran ke dalam Rutan meski masih kondisi pandemi seperti ini. Petugas kami tetap melayani seperti biasa, Jadi Warga Binaan dan keluarga mereka tak perlu khawatir”, terang Karutan.

Meski hanya dapat berkomunikasi secara virtual, Warga Binaan dan kerabatnya tampak antusias saat menerima layanan penitipan barang maupun video call, karena mereka bisa memanfaatkan layanan tersebut sebagai sarana silaturrahim serta saling meminta maaf pada momen lebaran kali ini meski masih dalam kondisi pandemi Covid-19. (ik/hms)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!