Peristiwa

Gempa Magnitudo 4,8 Guncang Pacitan

Foto;dok.BMKG

PACITAN, Pewarta – Gempa bumi berkekuatan magnitudo 4,8 mengguncang Kabupaten Pacitan, Jawa Timur dan sekitarnya pada Rabu (13/10/2021) siang tadi sekira pukul 12.00 WIB.

 Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Daryono, mengatakan, gempa yang terjadi tidak berpotensi tsunami.

 Dikatakannya, sasil analisis BMKG dalam informasi pendahuluan menunjukkan gempabumi ini memiliki magnitudo  M = 4.8. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 8,87 LS dan 110,97 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 78 km arah Baratdaya Pacitan, pada kedalaman 55 km. 

 Lebih lanjut dikatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah Lempeng Eurasia di Samudra Hindia, Selatan Jawa.

 Guncangan gempabumi ini dirasakan di Pacitan, Wonogiri, Treggalek, Gunungkidul III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu), Bantul, Yogyakarta II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

 Tidak tercatat gempa susulan (aftershock). Namun kepada masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.  (sti/st)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!