Serba - serbiSERBA-SERBI

Dorong Rantai Pasok Pedagang Pasar, DinkopUM Pacitan Gelar Bimtek Produktivitas dan Mutu Usaha Mikro

Bimtek Produktivitas dan Mutu Usaha Mikro

PACITAN, Pewartatv – Guna Mendorong rantai pasok pedagang pasar dengan pemasok sehingga meningkatkan usaha serta meningkatkan kemampuan menyusun laporan keuangan agar berguna dalam mendapatkan akses pembiayaan ke lembaga pembiayaan Deputi Bidang Usaha Mikro Asdep Pengembangan Rantai Pasok Usaha Mikro menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) teknis produktivitas dan mutu usaha mikro pedagang pasar

Kegiatan tersebut diikuti oleh 22 peserta, mereka merupakan pelaku UMKM pedagang pasar di Parai Pantai Teleng Ria Pacitan

Dalam acara bimtek ini  dibuka langsung oleh Plt. Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Pacitan T. Andi Faliandra dalam sambutannya beliau memberikan ucapan rasa terimakasih dan apresiasi kepada Deputi Usaha Mikro yang telah melaksanakan kegiatan peningkatan SDM di Pacitan dan mengingatkan kepada peserta untuk terus menjaga protokol kesehatan dalam kegiatan

Selain itu ia juga menyampaikan bahwa pariwisata dan pertanian sebagai penggerak ekonomi di kabupaten Pacitan

Dua hal yang  harus terus diingat dan ditingkatkan yaitu berkaitan dengan produk UMKM bisa diterima dari sisi mutu atau kualitas produk seperti packaging dan ijin produk.

Pada dasarnya kualitas bisa dilihat juga dari kemasan atau packaging. Di Pacitan produknya sudah bagus tetapi belum memperhatikan ijin produk.

Adapun pelaku UMKM juga harus memahami pentingnya kurasi agar terlihat dan bisa dinilai dari ijin dan packaging sehingga bisa masuk ke pasar modern baik itu Alfamart dan indomart.

Ijin meliputi PIRT dan BPOM sebagai salah satu cara meningkatkan standarisasi produk dan berkaitan dengan packaging di Pacitan juga sudah bagus namun ada beberapa yang belum mencantumkan masa expirednya pada produk.

Diharapkan dengan kegiatan ini dapat memberikan peluang rantai pasok terutama dengan Bulog sehingga bisa meningkatkan nilai jual. Selanjutnya apabila mengajukan modal usaha maka akan lebih mudah ke berbagai lembaga pembiayaan. Sedangkan untuk membuat laporan keuangan akan disampaikan oleh PLUT KUMKM Pacitan yang merupakan satu layanan dinas koperasi usaha mikro dan perindustrian kabupaten Pacitan yang mendukung pengembangan UMKM.

(sumber : PemkabPacitan).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!