Peristiwa

Dinas pendidikan Kota Madiun Gelar Lomba Bertutur Bahasa Jawa bagi Pelajar

KOTA MADIUN, Pewarta – Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun melalaui Dinas Pendidikan menggelar Lomba Bertutur Bahasa Jawa. Lomba tersebut dibuka oleh Kabid Pemdas Dinas Pendidikan Kota Madiun Slamet Harijadi, Senin (8/11/2021).

‘’Sengaja berbahasa Jawa karena kami ingin mengetahui bagaimana penerapan karakter yang didapat dalam kehidupan sehari-hari peserta didik. Ini juga sebagai wujud prestasi khususnya dalam bidang non akademik,’’ kata Kabid Pemdas Dinas Pendidikan Kota Madiun Slamet Harijadi usai membuka gelaran Lomba Bertutur berbahasa Jawa tingkat kota, Senin (8/11/2021).

Lomba, kata dia, terbagi dari dua tahap. Tahap pertama dilakukan secara virtual. Sebanyak 73 SD dan 22 SMP mengirimkan video bertutur perwakilan peserta didik masing-masing. Dari puluhan video tersebut kemudian terseleksi sebanyak 20 video peserta tingkat SD dan sepuluh video tingkat SMP. Mereka berhak mengikuti seleksi tahap kedua secara tatap muka di Dinas Pendidikan.

‘’Nantinya kita cari juara 1, 2, dan 3 beserta juara harapan masing-masing jenjang,’’ jelasnya.

Harijadi menambahkan saat ini memang belum ada lomba bertutur berbahasa Jawa di tingkat lebih tinggi. Kendati begitu, lomba tetap dilaksanakan di tingkat kota. Harapannya, Kota Madiun sudah memiliki kandidat jika sewaktu-waktu lomba di tingkat provinsi maupun nasional diselenggarakan.

‘’Poin pentingnya bagaimana karakter anak seperti unggah-ungguh dan lainnya. Karenanya, tema lomba kali ini kita tentukan. Yakni, Bekti Marang Wong Tuo,’’ pungkasnya (ik/st)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!