Peristiwa

Bupati Ponorogo Resmikan Patung Panglima Besar Jendral Sudirman

Ponorogo, Pewarta – Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko meresmikan monumen Panglima Besar Jendral Sudirman yang terletak di Desa Ngindeng, Kecamatan Sawoo, Kamis, (20/5/2021).

Monumen tersebut terletak di rumah gerilya yang merupakan tempat singgah Panglima Besar Jendral Sudirman saat melakukan perang gerilya melawan Belanda yang ingin menguasai kembali Indonesia pada tahun 1948.

Nurhadi, Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kabupaten Ponorogo mengatakan patung Panglima Besar Jendral Sudirman ini merupakan permintaan dari keluarga mbah Suyitno, sebagai bukti bahwa ditempat ini pernah disinggahi Panglima Besar Jendral Sudirman semasa melakukan perang gerilya melawan Belanda.

“Monumen ini dibangun pada tahun 2020, sebagai permintaan dan peralihan peringatan upacara hari pahlawan karena adanya wabah pandemi covid-19,” ungkapnya.

Pembangunnya, lanjutnya, tak sampai dimonumen saja, melainkan juga pembangunan museum Jendral Sudirman, dan pembangunan bumi perkemahan yang letaknya tak jauh dari monument. “Insyallah nanti pembangunannya tak jauh dari monument ini,” lanjutnya.

Sementara itu, Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko  sangat terharu ketika melihat ada monumen Panglima Besar Jendral Sudirman berdiri kokoh di Desa Ngindeng, Kecamatan Sawoo. Ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bergotong royong sehingga bisa berdirinya monumen Panglima Besar Jendral Sudirman. Meski Monumen ini kecil mudah-mudahan kelak bisa menjadi teladan yang baik dan menteladani sifat Panglima Besar Jendral Sudirman, yang semasa perang meski keadaan sakit sekalipun ia tetap memimpin perang dengan model gerilya.

“Terima kepada seluruh pihak yang telah gotong royong, yang telah sudi membangun monumen ini sehingga kita tak lupa akan sejarah Bangsa ini, dan kita mampu meneladani sifat Panglima Besar Jendral Sudirman, meski keadaan sakit sekalipun tetap memimpin perang dan alhamdulilah bisa mempertahankan kemerdekaan,” pungkasnya. (ns/Is)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button