Serba - serbiSERBA-SERBI

Bernostalgia Di Janggan Tempo Doeloe “Dolanan Anak Tradisional”

MAGETAN, Pewarta – Geliat perkembangan seni dan budaya di Kabupaten Magetan semakin berpengaruh bagi warga dan masyarakat, bahkan sekarang ini Pemerintah Desa Janggan mulai menampilkan eksistensi budaya lokal tempo doeloe yang mampu memicu dan bernostalgia.

Tak hanya di situ saja, bahkan bagi anak-anak sekalipun bisa lebih mengenal dan belajar tentang budaya di masa lampau. Festival Janggan Tempo Doelo dengan tema Dolanan Anak Tradisional dengan menampilkan beberapa kegiatan seperti Keroncong Stanza Melodya, Pameran Barang Antik, Bazar Makanan Jadoel, Layar Tancap, Reog, Pertunjukan Dolanan Tradisional, Tari Tradisional dan masih banyak lainya, yang dipusatkan di depan kantor Desa Kanggan, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Sabtu malam (23/07/2022)

Festifal Janggan tempo doloe ini diapresiasi Pemkab magetan, terlihat Bupati didampingi Sekretaris Daerah serta Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Magetan juga ikut serta dalam kegiatan tersebut.

Bupati Magetan Dr.Drs.H. Suprawoto SH.,M.Si dalam sambutanya menyampaikan terima kasihnya kepada Pemerintah Desa beserta masyarakat, yang mana sudah mengingatkan memori yang mulai memudar dari jaman sekarang.

“Apalagi pembawaan tari dan juga permainan tradisional yang dibawakan anak-anak tadi membuat kita semua bernostalgia bersama, tak hanya disitu saja, bahkan anak-anak dijaman sekarang ini bisa lebih mengenal permainan-permainan jaman dulu, kan banyak anak-anak jaman sekarang keseharianya sibuk dengan handphone,”ungkapnya
“Permainan-permainan seperti dakon, bentik, cublak-cublak suweng, dan lain sebagainya tadi mungkin saat ini sudah mulai punah, mudah-mudahan dengan hadirnya Janggan tempo doeloe ini bisa menumbuhkan keinginan anak untuk terus menjaganya.”tutur Bupati Magetan.

Sementara itu, Kepala Desa Janggan Haryadi menginginkan kegiatan Janggan tempo doeloe ini bisa masuk dalam kalender event Kabupaten.

“Atas nama Pemerintah Desa dan masyarakat, kami berharap kepada Bapak Bupati agar Janggan tempo doeloe ini bisa dimasukan dalam agenda tahunan kabupaten, atau kalender event pemkab magetan, sebab kegiatan seperti ini masih banyak yang belum mengenal apalagi dikalangan anak muda yang sekarang ini.”harapnya (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!