Peristiwa

Berikan Penghormatan bagi Pahlawan, Rutan Magetan Laksanakan Upacara Ziarah dan Tabur Bunga

MAGETAN, Pewarta – Gelar pahlawan ditujukan kepada orang yang dianggap berjasa dan berjuang dalam mempertahankan kebenaran. Dalam konteks kenegaraan dan kebangsaan, seseorang dijuluki pahlawan karena jasa-jasanya dalam memperjuangkan negara dan bangsa untuk memperoleh kemerdekaannya karena mencintai negeri dan tanah tumpah darahnya.

 Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak melupakan jasa para pahlawannya. Bertepatan dengan peringatan Hari Dharma Karyadhika di tahun 2021 ini, Kementerian Hukum dan HAM menggelar kegiatan ziarah dan tabur bunga yang dilakukan serentak di seluruh wilayah Indonesia sebagai salah satu upaya untuk mengenang jasa para pahlawan. Di tingkat pusat, pelaksanaan ziarah bertempat di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPNU) Kalibata. Adapun Kanwil dan UPT juga turut melaksanakan ziarah di TMP terdekat di daerahnya.

Dari Magetan, Karutan Eries Sugianto beserta Jajarannya berziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Yudhonegoro Selasa (26/10/2021). Rangkaian kegiatan diawali dengan melaksanakan upacara penghormatan kepada arwah para pahlawan, mengheningkan cipta, pembacaan doa serta peletakan karangan bunga di monumen TMP. Kegiatan diakhiri dengan penaburan bunga oleh Karutan dan diikuti oleh seluruh pegawai.

Pada kesempatan tersebut, Eries menyampaikan bahwa ziarah dan tabur bunga merupakan salah satu agenda rutin yang dilakukan dalam peringatan Hari Dharma Karyadhika setiap tahunnya. “Kita sebagai generasi penerus harus wajib mengenang dan akan meneruskan perjuangan para pahlawan yang sudah mendahului kita,” pesannya. (ik/Humas Rutan Magetan)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!