PeristiwaSOSIAL

Berbagi Takjil dan Masker Gratis Jama’ah Mushola Darussalam Karangjati Ngawi

Ngawi, Pewarta– Setiap Ramadhan tiba, berbagai macam kegiatan untuk menyemarakkan bulan penuh berkah itu dilakukan oleh umat Islam, salah satunya dengan memberi makanan dan minum untuk berbuka puasa (takjil).

Pemberian takjil dilakukan dengan cara yang berbeda beda, ada pemberian yang dilakukan di jalan raya, ada pula takjil dibagikan ke yayasan seperti yayasan anak yatim – piatu, ada pula yang di bagikan ke kaum dhuafa, pengemis dan orang tidak mampu.

Namun pemberian takjil kali ini yang marak dilakukan adalah On the road atau memberikan takjil di pinggir jalan raya, karena pemberian takjil pinggir di jalan raya selain praktis juga tidak membutuhkan energi.

Sedekah dengan memberi makanan dan minuman untuk berbuka puasa (takjil) ini dilakukan oleh berbagai kalangan, baik perorangan, instansi maupun lembaga dan komunitas bahkan komunitas Non muslim, sebagai wujud menyemarakkan Bulan Ramadan.

Pembagian Takjil ini dilakukan ketika menjelang waktu berbuka puasa di mulai 16.30 sampai tiba saat buka puasa, ini bertujuan supaya para pengendara yang rumahnya jauh dan tidak dapat berbuka puasa tepat waktu bisa berbuka.

Seperti yang dilakukan jama’ah mushola Darussalam RT 10 , RW 01, Desa Karangjati, kecamatan Karangjati Ngawi,  Rabu (28/4/2021) sore mereka membagikan takjil berupa nasi bungkus lengkap dengan lauk pauknya  dan pembagian masker di sepanjang jalan raya Karangjati- Rejuno, tepatnya di perempatan Jalan Dekat mushola Darussalam  Desa/kecamatan Karangjati.

Sukirno Ketua Panitia bagi takjil saat ditemui  awak media Pewarta, disela-sela pembagian takjil mengatakan pemberian takjil ini merupakan bentuk berbagi ke sesama (bersedekah), dengan memberikan hak orang lain maka rejeki yang kita peroleh akan bersih dan berkah serta barokah.

“Berbagi takjil dengan masyarakat pengguna jalan sangat berkesan, selain mendapat pahala karena membantu pengguna jalan agar tidak terlambat berbuka puasa, kegiatan itu juga dapat mempererat hubungan kekeluargaan sesama Muslim, ” terangnya.

Sementara seorang pengguna jalan Mas Rudi asal Desa Dawe , Kecamatan Sekar , Kabupaten Bojonegoro, mengungkapkan sangat terbantu dengan pembagian  takjil seperti ini.

“Sehingga dengan kegiatan ini, para pengendara yang melaksanakan puasa dan sedang melakukan perjalanan bisa berbuka puasa, ” ungkapnya (Irwan)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button