ADVETORIALPERISTIWAPeristiwa

Bawa Misi Kebudayaan, Bupati Sugiri Berangkatkan Puluhan Seniman Reyog ke Eropa

PONOROGO, Pewarta – Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko secara resmi memberangkatkan kontingen Reyog Ponorogo yang akan tampil di sejumlah negara di Eropa,Selasa (06/09/2022).

Sebanyak 14 seniman reyog nantinya bakal tampil di empat negara yakni Belanda, Jerman, Belgia dan Prancis. Tentunya dengan membawa misi kebudayaan mengenalkan kesenian reyog kepada masyarakat dunia.

“Kami berangkatkan para seniman handal ini ke Eropa agar bisa tampil secara maksimal. Agar dunia memandang dan melihat bahwa reyog ini memang layak untuk segera diakui oleh ICH UNESCO,” ujar Bupati Sugiri Sancoko.

Menurutnya, seni reyog yang merupakan kesenian asli Ponorogo tersebut sebenarnya sudah sering diundang untuk tampil di event Internasional. Namun, di tahun ini ada sedikit perbedaan, yakni Pemkab Ponorogo hanya mengirimkan pelaku seninya saja, tanpa ada pejabat yang mendampingi.

Kang Giri, sapaan akrabnya, mengungkapkan bahwa seniman yang dikirim itu semuanya memiliki keahlian lebih dalam bidang seni. Mereka merupakan perwakilan dari beberapa sanggar yang ada di Ponorogo dengan memadukan jiwa raganya untuk mempersembahkan penampilan terbaiknya di kancah eropa.

“Para seniman yang kami kirimkan ini multi talent, mereka bisa memainkan beberapa karakter tokoh dalam seni reyog sekaligus mahir dalam memainkan alat musiknya,” imbuhnya.

Selain menampilkan seni reyog, puluhan seniman tersebut nantinya juga akan memamerkan beberapa produk unggulan dari Ponorogo seperti kerajinan batik dan lainnya.

“Tidak hanya reyog, di Eropa nanti kontingen ini kami titipi sejumlah produk unggulan Ponorogo untuk dipamerkan dan dikenalkan kepada masyarakat di sana,” tandasnya. (adv/ns)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!