Rutan Magetan Gelar Pengajian Maulid Nabi Muhammad SAW

0
108

PewartaTV, Magetan – Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 Hijriah Rutan Magetan Kanwil Kemenkumham Jatim menggelar acara pengajian di Aula Rutan. Rabu (18/09/2024).

Pengajian dihadiri oleh Pejabat Struktural, Pegawai, dan seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan, serta mengundang Ustad Marsono, S.Pd. dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Magetan sebagai penceramah.

Kepala Rutan Magetan, Ari Rahmanto, mengungkapkan harapannya agar peringatan Maulid Nabi dapat menjadi motivasi bagi jajarannya untuk meneladani sikap Nabi Muhammad SAW. “Dengan peringatan Maulid Nabi ini, Insya Allah kita bisa menyempurnakan akhlak kita, meningkatkan kecintaan kita kepada junjungan besar kita Nabi Agung Muhammad SAW,” harapnya.

Selain itu, Karutan berharap agar seluruh Petugas maupun Warga Binaan Pemasyarakatan dapat menambah pengetahuannya melalui kegiatan pengajian ini. “Tolong nanti ilmu yang didapat dalam kajian ini, dalam peringatan Maulid Nabi ini, bisa diterapkan di kehidupan sehari-hari kita,” pesannya.

Ustad Marsono yang juga merupakan wakil ketua MUI Kabupaten Magetan menyampaikan makna penting dari peringatan Maulid Nabi dalam tausiahnya. “Maulid nabi mengajarkan kita supaya lebih dekat dengan Allah SWT. Hikmah yang kedua, Nabi adalah sosok yang paling berbakti kepada kedua orang tua, sehingga kita harus senantiasa mendoakan orang tua kita,” jelasnya.

Selain itu, Ustad Marsono juga menekankan pentingnya hubungan baik dengan sesama. “Maulid nabi mengajarkan kita untuk dekat dengan orang lain, untuk dekat dengan tetangga, seperti yang disabdakan Rasulullah, bahwa kita disebut orang beriman kalau kita memuliakan tetangga dan tamu kita,” ujarnya. Rangkaian acara diakhiri dengan kegiatan potong tumpeng serta makan bersama sebagai ungkapan rasa syukur pada momentum peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 Hijriah. (ik/hms)

Google search engine

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini